PENGARUH PENGGUNAAN QRIS, PENDAPATAN, TABUNGAN dan GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF
DOI:
https://doi.org/10.21776/csefb.2023.02.4.15Keywords:
consumptive behavior, consumption, needAbstract
Needs are things that must be fulfilled in life. Humans cannot be separated from consumption activities to meet their daily needs. Humans also not only fulfill their basic needs but also their desire to get satisfaction. This gives rise to consumptive behavior. In addition, the development of an increasingly easy payment system also makes it easier for someone to consume. Income, savings and lifestyle also play a role in a person's consumption activity. This study aims to find out how the influence of the use of QRIS, income, savings and lifestyle on consumptive behavior so that later it is expected to be able to find out the factors that influence broader consumptive behavior. This research uses multiple linear regression method. The results of this study indicate that the use of QRIS, income and savings have no effect on consumptive behavior and lifestyle has a significant effect on consumptive behavior.
References
Aziz, Ismail. “Pengaruh Uang Saku, Gaya Hidup Dan Perilaku Menabung Terhadap Pola Konsumsi Non Ma-kanan Mahasiswa”,2019.
Dimaschannel.com. 21 Mei 2020. Cara Uji Normalitas dan Cara Mengatasinya di Eviews 9 dan Microsoft Excel 2013. Diakses pada 15 Februari 2023, dari https://www.dimaschannel.com/2020/05/cara-uji-normalitas-dan-cara.html
Databoks.katadata.co.id. 1 November 2022. Volume dan Nilai Transaksi QRIS di Indonesia (Januari 2020 – Agustus 2022). Diakses 20 Desem-ber 2022, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/01/tren-transaksi-qris-meningkat-pesat-sejak-awal-pandemi
Ekawati & Baining. (2018). Pengaruh Pen-dapatan Terhadap Perilaku Kon-sumtif Mahasiswa Penerima Bidi-kmisi di Kota Jambi. Jurnal Syari-ah, vol.2, no.1.
Haryani & Herwanto. (2015). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Ter-hadap Produk Kosmetik pada Ma-hasiswi. Jurnal Psikologi, vol.11, No.1 : 6.
Info.populix.co. 9 November 2020. Tren Belanja Online Masyarakat Indone-sia. Diakses pada 10 Februari 2023, dari https://info.populix.co/articles/tren-belanja-online-masyarakat-indonesia/
Insana, DR & Johan, RS. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Uang El-ektronik Terhadap Perilaku Kon-sumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI. Journal of Applied Business and Economics (JABE), vol.7.
Kennedy, Posma. (2017). “Modul Ekonomi Mikro : Teori perilaku Konsumen Dengan Pendekatan Ordinal”, Di-akses pada 10 Februari 2023, dari Universitas Kristen Indonesia.
Lestarina, dkk. (2017). Perilaku Konsumtif Dikalangan Remaja. jurnal riset tindakan indonesia, vol.2, No.2 : 4.
Mansur.(2017). Preferensi Konsumsi Keluarga Perspektif Ekonomi Islam. jurnal penelitian sosial keaga-maan”, vol.11 No.2 : 415.
Mjurnal.com. 20 Januari 2020. Cara Baca Hasil Regresi Eviews. Diakses
pada 15 Februari 2023, dari https://mjurnal.com/skripsi/cara-baca-hasil-regresi-eviews-interpretasi-hasil-regresi/
Nakhly.Pengaruh Uang Saku Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2021.
Oktafikasari, E. (2017). “Konformitas Hedonis dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsmtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif . jurnal ekonomi : 684
Pratomo, Wahyu Ario. (2006) “Buku Ajar Teori Ekonomi Mkaro”, Diakses pada 10 Februari 2023, dari http://ocw.usu.ac.id/course/download/511-EKONOMI-MAK-RO/sep_204_textbook_ilmu_ekonomi.pdf
Statistikian.com. 5 April 2017. Tutorial Uji Asumsi Klasik dengan Eviews. Di-akses pada 15 Februari 2023, dari https://www.statistikian.com/2017/02/tutorial-uji-asumsi-klasik-eviews.html
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Contemporary Studies in Economic, Finance and Banking

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.